Peluncuran Penulisan Buku 35 Puskesmas, 29 Anggota FJLT Dilibatkan

LOMBOK TIMUR - Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Lombok Timur dalam penulisan buku profil Pusat Kesehatan Maasyarakat (Puskesmas)di Lombok Timur. Adapun yang menjadi sasaran dalam penulisan buku ini adalah 35 Puskesmas yang tersebar di 21 Kecamatan.


Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lombok Timur, Dr. Pathurrahman langsung memberikan arahan kepada 29 jurnalis yang tergabung sebagai tim penulis. 29 Anggota FJLT yang telah menyatakan kesiapannya untuk menulis, langsung menerima Surat Tugas setelah mendengar arahan Kadinkes di Bale Wartawan, Selasa (30/5/2023).


Pathurrahman mengatakan, langkah ini merupakan gebrakan baru di Dinkes Lotim untuk memperkenalkan Puskesmas melalui sebuah buku. "Langkah ini menjadi bagian mendekatkan pusat layanan kesehatan di masyarakat," ujar Kadinkes.


Ia menekankan penulisan buku 35 Puskesmas ini lebih terfokus pada penulisan historis Puskesmas serta kekhususan penanganan penyakit yang ditanggulangi. Selain itu peran sentral Tenaga Kesehatan (Nakes) yang selama ini berjuang digarda terdepan memberikan pelayanan kesehatan juga perlu ditonjolkan.


Buku ini nantinya diharapkan dapat menjadi inspirasi nakes dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Serta dapat menjadi referensi penilitian oleh mahasiswa ataupun pihak-pihak luar dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan.


"Ini juga bisa menjadi referensi awal peneliti dari luar daerah untuk mengetahui informasi dasar tentang kesehatan di Lombok Timur," terangnya.


Demi kesuksesan penulisan buku ini, ia telah menginstruksikan kepada Kepala Puskesmas untuk membuka informasi selebar-lebarnya bagi jurnalis yang tergabung dalam tim penulis.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.