BPJS Kesehatan Cabang Selong Targetkan Kepesertaan di Lombok Timur Capai 98% di 2024

 

Lombok Timur - Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS Kesehatan) cabang Selong menggelar Temu Peserta JKN bertema "Sinergi Program Bersama Komunitas". Kegiatan ini dilaksanakan Rabu (14/6/2023) bertempat di Lesehan Elen, Sandubaya, Selong.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Selong, Gusti Ngurah Catur Wiguna menuturkan capaian kepesertaan BPJS Kesehatan di Lombok Timur mencapai 90,51% per Juni 2023. Ditargetkan, kepesertaan BPJS Kesehatan di tahun 2024 dapat menyentuh angka 98%.

Dirincikannya, jumlah penduduk Lombok Timur saat ini sebanyak 1.369.917 jiwa. Artinya, 1.239.878 penduduk Lombok Timur telah tercakup kepesertaan BPJS Kesehatan.

"Segmen kepesertaan dari sektor PBI APBN paling dominan," terang Catur.

Dipaparkan lebih lanjut, jumlah peserta yang terdaftar melalui PBI APBN sebanyak 920.360 jiwa. Pada urutan kedua Pekerja Penerima Upah (PPU) tercakup sebanyak 160.410 jiwa.

Namun ia menyayangkan masih adanya masyarakat yang belum sadar secara penuh pada prinsip gotong royong di BPJS Kesehatan. Terbukti dengan tingkat keaktifan pembayaran iuran yang masih berada di angka 74%.

"Ini yang dominan dari pekerja mandiri, atau peserta bukan penerima upah (PBPU)," sebutnya.

Ia pun berharap agar masyarakat memiliki kesadaran untuk membayar iuran kepesertaannya, agar prinsip gotong royong dalam jaminan sosial kesehatan ini dapat berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.