Bupati Tekankan Penataan Pasar Kuliner Rensing Bersih, Rapi, dan Indah

 

Lombok Timur - Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy memimpin rapat penataan pasar dan rencana pasar wisata kuliner rensing. Rapat berlangsung di Ruang Rapat Bupati pada Senin (24/7). Rapat diikuti Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perkonomian dan Pembangunan, Kepala BPKAD, Kepala Dinas Perdagangan, dan sejumlah OPD terkait, termasuk Kepala Desa, dan Kepala Pasar Rensing.

Bupati pada kesempatan tersebut paling pertama mengingatkan agar pasar tersebut bersih, rapi, indah, dan nyaman baik bagi pedagang maupun pembeli. Kaitan dengan itu ia meminta agar bangunan pasar dioptimalkan dengan menempatkan pedagang yang saat ini memenuhi halaman pasar ke dalam bangunan pasar. Untuk itu kondisi bangunan pasar akan disesuaikan dengan kebutuhan para pedagang. Hal tersebut juga untuk mengakomodasi keluhan pedagang. Mereka menilai tempat yang disediakan kurang sesuai dengan kebutuhan mereka umumnya.

Sementara itu bagi pedagang yang masih belum mendapat tempat di dalam bangunan, Bupati memerintahkan untuk memindahkan mereka ke lahan yang terdapat di kanannya. Lahan tersebut sebagian juga akan dikelola Desa Rensing untuk pasar wisata kuliner dengan sistem sewa lahan.

Guna penataan tersebut ia meminta agar Kepala Dinas Perdagangan maupun Kepala Desa berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian, maupun Satpol PP.  Diharapkannya Kamis mendatang penataan tersebut sudah mulai dilaksanakan dan menunjukkan perubahan.

Bupati juga mengingatkan kepala pasar untuk memberikan tempat dengan luas sama bagi para pedagang. Transaparansi menjadi penekanan Bupati terhadap pengelolaan pasar, sehingga tidak hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu.

Sementara itu pasar wisata kuliner rensing yang akan dikelola pemerintah desa rencananya akan ditata sedemikian rupa, di mana para pedagang seluruhnya akan menghadap ke bagian dalam pasar, sehingga menimbulkan kesan rapi dan nyaman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.