Selain Terpapar HIV/AIDS, Homoseksual Rentan Terpapar Virus Cacar Monyet

 

LOMBOK TIMUR - Dinas Kesehatan Lombok Timut (Dinkes Lotim) mencatatkan 39 orang terpapar kasus HIV/AIDS di tahun 2023. Sebagian besar Populasi Kunci (Poci) HIV ini merupakan Homoseksual atau Laki Seks Laki (LSL).

Selain terpapar HIV, Poci juga disebut rentan terpapar virus Monkeypox (Mpox) atau cacar monyet. Hal ini dijelaskan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dan Kesehatan Lingkungan (Kabid P3KL) Dikes Lotim, Budiman Satriadi, Senin (6/11/2023).

“Hubungan seks sesama jenis ini, berisiko terpapar virus MPOX. Gonta ganti pasangan juga berisiko,” kata Budiman.

Ancaman penyakit pada perilaku seks menyimpang ini ternyata bukan hanya dua penyakit tersebut. Namun mereka juga berisiko terkena virus gonore, sipilis, kutil kelamin, herpes kelamin, klamidia, dan sebagainya.

“Penyakit-penyakit tersebut yang kita cegah sebelum terjadi kepada LSL dan wanita pekerja seks (WPS) ini melalui promosi kesehatan,” ujarnya.

Pendekatan berbeda dilakukan terhadap Poci oleh Dinkes Lotim dengan mendatangi titik kumpul Poci. Hal ini dikarenakan, para Poci merasa canggung dan malu untuk mendatangi fasilitas kesehatan.

“Rata-rata mereka malu datang sendiri ke fasilitas kesehatan. Jadi kita yang mendatangi mereka ke tempat tongkrongannya,” terangnya. 

Beruntungnya hingga saat ini, Dinkes Lotim belum menemukan Poci yang terpapar virus MPOX.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.