Sejumlah Kepala Sekolah di Lotim Akui Perlunya CCTV untuk Pengawasan


Lombok Timur - Perkembangan Tekhnologi Informasi yang kian pesat mendorong sekolah-sekolah untuk terus beradaptasi dengan kemajuan. Penggunaan berbagai perangkat digital juga mutlak diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar.

Salah satu tekhnologi yang lazim dijumpai saat ini adalah penggunaan CCTV di berbagai tempat. Baik untuk sarana umum, bahkan di tempat peribadatan sekalipun telah memanfaatkan Closed-Circuit Television (CCTV).

CCTV atau Kamera Pengawas ini juga dirasakan perlu dipasang di Sekolah. Hal ini tentu akan membantu mempermudah guru melakukan pengawasan di dalam maupun di luar kelas.

Seperti halnya diterapkan di SDN 2 Montong Baan, Kecamatan Sikur. Kepala SDN 2 Montong Baan Lalu Ayunan menuturkan melalui CCTV ia dapat memantau jika terjadi perundungan di sekolah. Seperti yang pernah terjadi saat dirinya memergoki siswa melakukan pemalakan melalui rekaman CCTV.

"Kebetulan yang dipalak itu cucu saya. Dan dari rekaman CCTV itulah ketahuan siapa-siapa pelakunya," terang Ayunan.

Ia pun menegaskan pengadaan CCTV itu dianggarkan telah melewati tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Yakni dengan rapat bersama komite dan dianggarkan melalui Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

"Pengelolaan BOS tidak sesuka kita, ada aturan yang kita ikuti," tegasnya.

Senada dengan Ayunan, Kepala SDN 1 Jeruk Manis, Sahmi juga mengamini pernyataan tersebut. Pasalnya, di sekolahnya pernah kehilangan laptop dan kondisi barang-barang sekolah berantakan diacak-acak maling.

"Kami punya aset negara yang nilainya ratusan juta yang harus kami amankan," ujar Sahmi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.