Irjen Kementan Puji Hasil Panen Bawang Putih di Sembalun Setara Kualita Impor

 

LOMBOK TIMUR - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menggelar pesta panen raya bawang putih di Kecamatan Sembalun, Jumat (11/8/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen Kementan), Jan Samuel Maringka.


Jan Maringka menyebut Pemkab Lombok Timur menunjukkan keberpihakannya terhadap sektor pertanian dengan adanya Peraturan Daerah tentang perlindungan alih fungsi lahan. Ia menyebut regulasi yang ditelurkan di era kepemimpinan Sukiman Azmy ini dapat menjadi rujukan daerah lain dalam memberikan perlindungan kepada petani.


"Kepemimpinan beliau memiliki keberpihakan terhadap pertanian, dan itulah yang kita harapkan bisa menjadi contoh di kabupaten lain,” ujar Jan Maringka.


Jan menjelaskan kehadirannya ke Lombok Timur untuk memastikan program kementerian pertanian berjalan dengan baik dan tepat waktu. Tanpa ragu Jan juga memuji hasil panen bawang putih di Sembalun yang dinilai kualitasnya setara dengan bawang putih impor.


Menanggapi pujian Jan Maringka tersebut, Bupati Sukiman menimpali dengan menyebut semua jenis tanaman dapat hidup di Lombok Timur. Berbagai tanaman seperti padi, vanili, bawang merah, bawang putih, jagung, dapat tumbuh subur di Gumi Selaparang. 


"Namun sayangnya produk pertanian tersebut masih dikelola secara sederhana dan dalam bentuk mentah. Semoga kedepan dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi," harap Sukiman.


Terkait bawang putih, Bupati menyebut program pengembangan bawang putih di Lombok Timur seperti swakelola dan uplane  yang dipercayakan kementerian berjalan baik dan menjadi andalan hidup masyarakat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.