Pj Bupati Lombok Timur Turun ke Pasar Cek Harga Bahan Pangan


Lombok Timur - Memantau stabilitas harga bahan pangan di Lombok Timur, Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik mengunjungi sejumlah pasar rakyat. Didampingi kepala dinas perdagangan dan kepala bidang pengendalian barang pokok dan penting, Pj. Bupati pada Senin (20/11) mengunjungi Pasar Selong.

Berdialog langsung dengan para pedagang, Pj. Bupati mengecek harga beras di sejumlah pedagang, termasuk stok serta penjualannya. Diketahui bahwa harga beras baik medium maupun premium dalam sebulan terakhir masih stabil. Harga beras medium berkisar Rp.12.000-13.000, sementara beras premium ada di kisaran Rp.14.000. Stok beras diakui aman.

Selain beras, Pj. Bupati juga mengecek ketersediaan dan harga cabai rawit yang relatif mengalami kenaikan selama beberapa pekan  terakhir. Kenaikan cukup tinggi menurut pedagang diantaranya disebabkan belum masuknya masa panen dan banyak tanaman cabai petani yang terkena hama. Saat ini harga cabai mencapai Rp. 70.000-75.000 per kilogram.

Terkait hal itu, Pj. Bupati optimis dalam beberapa pekan ke depan harga komoditas tersebut dapat kembali stabil mengingat sejumlah areal tanam cabai champion beberapa waktu lalu akan memasuki masa panen.  Ditegaskannya sebagai daerah penyangga cabai nasional, kebutuhan lokal tetap menjadi prioritas. Hal itu sejalan pula dengan harapan para pedagang.

Tidak hanya beras dan cabai, Ia pun menyempatkan diri berdialog dengan pedagang komoditas lainnya.

Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat secara rutin melakukan pemantauan harga bahan pangan yang didukung upaya stabilisasi harga melalui operasi pasar dan pasar murah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.