Siskeudes Link, Program Baru Bank NTB Syariah Permudah Pengelolaan Keuangan Desa

 


Lombok Timur - Bank NTB Syariah telah meluncurkan program Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) Link untuk mempermudah pengelolaan keuangan di desa. Program ini merupakan kerjasama antara Bank NTB Syariah bersama  Kementerian Dalam Negeri, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).


Siskeudes Link merupakan pengintegrasian  antara Siskeudes di Desa yang akan dengan cash manajemen sistem (CMS) yang ada di Bank NTB Syariah. CMS sendiri sudah dijalankan oleh Bank NTB Syariah untuk perusahaan swasta, maupun manajemen keuangan daerah. 


Kepala Cabang Bank NTB Syariah Selong, Kasri A Rachman menjelaskan CMS juga dihajatkan pemanfaatannya dalam lingkup yang lebih kecil, yakni pengelolaan keuangan di desa. Hal ini juga sebagai langkah meningkatkan non tunai hingga tingkat desa.


"CMS memudahkan transaksi tanpa datang ke Bank. Dalam lingkup yang lebih kecil juga ingin diterapkan agar transaksi keuangan di desa secara non tunai," jelas Kasri.


Penerapan Siskeudes juga mendorong belanja barang dan jasa dilakukan pada unit usaha masyarakat di desa setempat. Sehingga hal ini tentu saja berdampak pada pertumbuhan ekonomi di desa tersebut.


Keuntungan lain dari penerapan CMS di desa adalah mempermudah pemerintah desa dalam membuat laporan keuangan, dan pembayaran pajak ke kas daerah. Serta berpengaruh terhadap kecepatan transaksi karena operator desa atau bendahara dapat melakukan pembayaran tanpa harus antri ke bank untuk mengambil uang.


"Pembayaran gaji bisa langsung dilakukan melalui aplikasi dari PC atau laptop di kantor desa," terangnya.


Ujicoba Siskeudes Link sudah dilakukan terhadap dua desa, dan berhasil melakukan pembayaran gaji perangkat oleh bendahara desa. Sosialisasi yang menyasar seluruh desa di Lombok Timur akan dilaksanakan setelah lebaran 2024.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.