Dinkes Lotim Lakukan Kampanye Publik Sasar Poci di Labuhan Haji


 Lombok Timur - Dinas Kesehatan Lombok Timur (Dinkes Lotim) melaksanakan Kampanye Publik di Beach LM Cafe, Pantai Pasir Putih, Desa Labuhan Haji. Kampanye yang bertujuan mencegah dan mengendalikan penyebaran HIV/AIDS ini menyasar Populasi Kunci (Poci) seperti Transgender, Wanita Pekerja Seks (WPS), Laki Seks Laki (LSL), dan pengguna narkotika suntik.

Dinkes Lotim mengakui mengalami kendala dalam mengumpulkan Poci sehingga harus menggandeng yayasan INSET yang bergerak di bidang rehabilitasi rawat jalan sosial. Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian (P2P) penyakit, Dinas Kesehatan Lombok Timur, Munawir Haris, menjelaskan bahwa untuk mengumpulkan Poci ini diperlukan pendekatan yang cerdik.

"Tidak lama ini, kami bersama INSET berhasil mengumpulkan ratusan dari mereka di LM Cafe Sepolong, Labuhan Haji," kata Haris, Jumat, (15/9/2023).

Pada kampanye publik ini, dilakukan proses screening dan diberikan pengetahuan tentang bahaya HIV/AIDS terhadap Poci. Target screening atau pemeriksaan HIV/AIDS menyasar 140 orang LSL, 52 pengguna narkotika suntik, dan 73 WPS.

"Secara program, kami sudah mencapai target sesuai yang ditetapkan," tuturnya.

Pengidap HIV/AIDS pada tahun 2023, rata-rata ditemukan pada Poci LSL. Sebanyak 25 kasus yang ditemukan pada bulan Mei 2023, serta 1 kasus ditemukan pada mantan TKI asal Malaysia.

Screening terhadap Poci dilakukan secara berkala dengan rentang waktu tiga bulan. Dikarenakan pada bulan pertama, antibodi HIV kemungkinan belum terdeteksi dengan rapid tes HIV/AIDS, sehingga perlu pengulangan.

"Virus HIV AIDS dalam tubuh seseorang memiliki periode jendela selama tiga bulan di mana tidak terdeteksi," jelas Haris.

Pada kesempatan tersebut, Dinkes Lotim membagikan alat kontrasepsi kondom untuk mengurangi resiko penularan HIV AIDS.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.